10 Cara Cerdas Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Kapitania Imaniar

, Events

Mengelola keuangan rumah tangga bisa menjadi tugas yang begitu membingungkan. Apalagi jika kita nggak tahu bagaimana cara melakukan pengelolaan. Apakah sekedar mencatat pemasukan dan pengeluaran saja sudah cukup? Tentu nggak. Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mempelajari pengaturan finansial yang tepat. Caranya? Ikuti 10 cara cerdas mengatur keuangan rumah tangga berikut ini!

Baca juga: 10 Tips Belanja Hemat di Supermarket Saat Akhir Bulan

Atur Budget Bulanan

Mengatur budget untuk setiap aspek rumah tangga adalah langkah awal untuk belajar mengenai managerial keuangan rumah tangga. Ini adalah pondasi awal. Belajarlah membagi untuk tiga aspek terlebih dahulu. Dimulai dari keperluan utama, uang darurat, dan alokasi tabungan. Bicarakan proses budgeting ini bersama pasangan dan tentukan bersama.

Lakukan Evaluasi Pengeluaran Secara Harian

Mencatat semua pemasukan dan pengeluaran dengan skala harian membuat kita menjadi lebih rinci dan detail di dalam mengontrol keuangan rumah tangga. Semakin rutin pencatatan yang dibuat, maka akan semakin mudah bagi kita untuk membagi uang untuk keperluan rumah tangga. Manfaatkan berbagai aplikasi pencatat keuangan yang bisa di unduh dari ponsel.

Baca juga: 7 Aplikasi Keuangan di Android yang Bisa Menghemat Pengeluaran

Pelajari Tujuan Keuangan Selama Beberapa Tahun Kedepan

Diskusikan bersama pasangan mengenai tujuan dan target keuangan selama beberapa tahun kedepan. Misalnya, target membeli rumah atau menabung biaya pendidikan anak. Saat target rumah tangga sudah jelas, kita pun akan lebih fokus dan semangat untuk menabung atau berinvestasi. Melakukan pengontrolan finansial keluarga juga menjadi lebih mudah sehari-harinya.

Selalu Menabung di Awal Gajian

Saat terima gaji, langsung sisihkan sebagian uang untuk masuk ke rekening tabungan. Nggak perlu terlalu banyak, namun belajarlah untuk konsisten setiap bulannya. Upayakan sebisa mungkin untuk nggak mengambil uang tabungan kecuali memang betul-betul darurat. Satu trik lagi, pisahkan kartu atm untuk menabung dan keperluan harian. Cara ini juga akan memudahkan kita untuk menabung dengan aman.

Baca juga: Tips Alokasi Gaji untuk Kamu yang Ingin Menabung

Kurangi Penggunaan Kartu Kredit

Gunakan kartu kredit untuk keperluan tertentu saja. Misalnya, memesan tiket, hotel, atau menggunakan promo kartu. Perlu diingat bawa kartu kredit bukan media transaksi utama. So, jangan digunakan terus menerus. Upayakan juga untuk selalu mencatat pengeluaran via kartu kredit dan langsung membayarnya saat waktu gajian tiba.

Belajar Konsisten dan Disiplin

Berikan target kepada diri sendiri mengenai berapa nominal minimal yang harus ada di tabungan. Kemudian nominal maksimal akan pengeluaran bulanan di luar kebutuhan darurat keluarga. Belajarlah untuk konsisten dan disiplin disetiap bulannya. Terdengar sulit? Don’t worry. Saat sudah mulai terbiasa, mengatur keuangan pun akan berubah menjadi rutinitas yang sangat mudah.

Apresiasi Diri

Belajar disiplin bukan berarti nggak boleh menghabiskan uang untuk bersenang-senang lho. Apalagi bersama keluarga, rasanya harus banget seminggu sekali kita family time. Alokasikan bentuk apresiasi ini sesuai dengan kondisi keuangan dan kesukaan anggota keluarga.

Evaluasi Tahunan

Saat pengaturan budget bulanan dan evaluasi harian bisa berjalan dengan seimbang, yuk kita belajar untuk memulai evaluasi tahunan. Evaluasi ini bertujuan untuk membandingkan pengaturan keuangan kita secara keseluruhan baik dari segi pemasukan atau pengeluaran. Dari sini, kita bisa menyusun strategi pengaturan yang lebih cocok lagi untuk diterapkan dirumah tangga.

Mencari Penghasilan Tambahan? Why Not!

Pernah memikirkan ide untuk mencari sumber penghasilan kedua? Di jaman serba online sekarang ini, nggak sulit lho untuk mencari pekerjaan sambilan. Selain membuat kita menjadi lebih jeli di dalam berbisnis, penghasilan tambahan juga memotivasi diri seseorang untuk menjadi lebih konsisten didalam belajar mengatur uang.

Mengambil Kredit? Boleh Saja

Tahukah bawa mengambil kredit dengan dengan pengelolaan yang tepat ternyata dapat berguna lho. Sistem kredit ini memungkinkan kita untuk meraih target-target rumah tangga seperti membeli rumah atau kendaraan pribadi. Namun, tetap pikirkan terlebih dahulu mengenai keputusan ini.

***

Nggak sulit kan? Yang terpenting dari mengatur keuangan adalah menyusun langkah yang realistis. Lakukan sesuatu yang nggak memberatkan namun dirasa efektif. Dengan 10 cara cermat di atas, pengaturan keuangan rumah tangga pun akan menjadi lebih praktis. Nah, mau lebih hemat lagi tanpa perlu mengeluarkan uang bulanan rumah tangga? Ayo ikutan event yang ada di GoToMalls dan menangkan voucher senilai IDR 15.000.000 belanja di Carrefour.

Caranya gampang banget cukup SIGN UP dan berikan PENILAIAN & ULASAN di dua laman yang ada di GoToMalls.com! #SignUpReviewAndWin sekarang juga! Informasi lebih lengkapnya klik di bawah ini!

Leave a Reply