5 Tips Merawat Rambut Bayi Agar Sehat dan Lebat

Tri Lestari

, Kids & Babies

Buah hati yang sehat dan memiliki rambut yang lebat menjadi keinginan setiap orang tua. Namun terkadang memang ada bayi lahir dengan rambut yang tidak begitu lebat dan memerlukan perawatan khusus. Mommies punya anak dengan rambut yang tipis? Tidak usah khawatir karena rambut bayi bisa tumbuh sehat dengan cara alami dan tentunya aman. Cek tips agar rambut bayi sehat dan lebat di bawah ini.

  1. Jaga Kulit Kepala Bayi Tetap Bersih

Image credit: magazine.orami.co.id

Moms, ternyata kebersihan kulit kepala bayi mempengaruhi pertumbuhan rambutnya lho! Kulit kepala yang bersih tidak akan menyebabkan kerontokan pada rambut. Pastikan rambut bayi tetap bersih, tidak terlalu kering dan tidak terlalu lembap setiap saat. Dengan demikian pertubuhan rambut tetap sehat dan lebat.

  1. Berikan Gizi yang Seimbang

Asupan gizi yang seimbang memiliki banyak pengaruh terhadap pertumbuhan anak, termasuk pertumbuhan rambut. Jika moms ingin rambut buah hati tumbuh lebat, berikan gizi yang seimbang pada anak seperti serat, vitamin dan zat besi. Kandungan gizi tersebut dapat diperoleh dari beberapa makanan seperti ikan, susu, telur, buah-buahan dan sayuran. Cukup berikan makanan tersebut secara rutin tanpa menambah porsi maka kebutuhan gizi terpenuhi.

  1. Oleskan Minyak Kemiri

Image credit: www.minyakkemiriuntukrambut.com

Kemiri merupakan rempah-rempah yang digunakan untuk memasak. Asal moms tahu, kemiri yang dijadikan sebagai minyak memiliki banyak manfaat untuk rambut antara lain menebalkan, menghitamkan, serta menguatkan. Untuk itu, oleskan minyak kemiri pada kulit kepala agar rambut bayi menjadi hitam dan tebal. Caranya cukup mudah, mulai dengan memanggang beberapa biji kemiri atau bisa juga disangrai tanpa minyak. Kemudian bungkus kemiri tersebut dengan kain bersih yang lembut. Tumbuk biji kemiri dalam kain dan remas hingga keluar minyak. Oleskan kain yang basah karena minyak kemiri pada kulit kepala sang buah hati dan tunggu hasilnya.

  1. Aplikasikan Madu dan Minyak Zaitun

Perpaduan antara madu dan minyak zaitun sangat baik mempercepat tumbuhnya rambut bayi dan menjaga kesehatan kulit kepala. Madu mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk pertumbuhan rambut sedangkan minyak zaitun mengandung vitamin E untuk merawat kulit. Cara mengaplikasikannya tidaklah sulit. Cukup campurkan minyak zaitun dan madu hingga benar-benar rata dan oleskan pada rambut dan kulit kepala. Diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air hangat, lalu bersihkan dengan shampo bayi. Ulangi cara ini agar rambut bayi menjadi lebat.

5. Manfaatkan Gel Lidah Buaya

image credit: www.twenty20.com

Lidah buaya mengandung zat aktif yang dapat menjaga kekuatan folikel rambut dan membuatnya cepat panjang. Gel ini bisa digunakan pada bayi yang sudah berumur lebih dari dua bulan. Aplikasikan daging lidah buaya yang sudah dibuang kulitnya pada rambut bayi sebelum keramas. Tunggu hingga 10 menit, bilas dengan air hangat kemudian bersihkan rambut dengan shampo. Selain dapat menyuburkan pertumbuhan rambut, gel lidah buaya juga dapat mengurangi rasa gatal pada kulit kepala.

***

Demikian tips merawat rambut bayi agar sehat dan lebat secara alami. Caranya cukup mudah dan bahan yang digunakan mudah didapatkan. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Anak Susah Makan Sayuran? Siasati dengan 4 Langkah Ini!

Tak Perlu Pusing! Begini 7 Cara Mengatasi Anak Balita Susah Makan

Leave a Reply