10 Jajanan Khas Jepang Paling Menggugah Selera

Berencana untuk berlibur ke Jepang? Tentunya harus menyempatkan diri untuk berwisata kuliner. Cita rasa kuliner dari Negeri Sakura ini memang nggak perlu diragukan lagi kenikmatannya. Jangan lupa untuk membuat daftar makanan apa saja yang harus dicicipi di Jepang nanti. 10 jajanan khas Jepang yang menggunggah selera berikut ini harus masuk ke daftarmu, ya!

Taiyaki

image credit: japancentre.com

Taiyaki adalah kue berbentuk ikan yang terdapat selai kacang merah di dalamnya. Selain kacang merah, biasanya terdapat pilihan isian lain seperti cokelat, fla, keju, atau bahkan sosis. Rasanya adonannya pun sedikit mirip dengan kue Dorayaki, namun lebih toasty. Kue ini paling enak dikonsumsi dalam keadaan hangat.

Yakitori

image credit: jpninfo.com

Ini dia satenya orang Jepang. Yakitori biasanya dijual mulai sore hingga malam hari di warung kaki lima. Yakitori adalah sate ayam yang dimasak dengan cara dibakar diatas arang. Ketika matang yakitori akan dicelupkan ke dalam saus tare yang terbuat dari campuran mirin, kecap asin, arak, dan gula. Bisa kebayang dong rasanya yang manis-manis gurih itu?

Amanatto

image credit: tokyo-top-guide.com

Jajanan manis yang satu ini terbuat dari kacang-kacangan yang kemudian direbus di dalam larutan gula. Setelahnya, kacang akan dikeringkan dan dilapisi gula lagi. Pada umumnya, kacang yang paling sering digunakan untuk pembuatan amanatto adalah kacang azuki (sejenis kacang tolo merah). Kacang jenis ini memiliki kandungan lemak yang lebih rendah dan rasa yang lebih gurih.

Oden

image credit: jpninfo.com

Di malam hari, sempatkan untuk mencicipi lezatnya Oden di warung-warung kaki lima di Jepang. Oden terbuat dari kaldu ikan dengan bola ikan, tofu, potongan cumi dan gurita, rumput laut, dan isian lainnya. Saat menyantap Oden kita nggak perlu memesan nasi. Isiannya sendiri sudah cukup mengenyangkan. Sup ini paling nikmat disantap selagi panas.

Takoyaki

image credit: hubjapan.io

Takoyaki sendiri sudah cukup populer di kalangan pecinta kuliner di Indonesia. Panekuk berbentuk bulat dengan isian gurita dan saus yang gurih memang membuat jajanan ini diburu banyak orang. Akan tetapi, rasanya sayang juga kalau sampai nggak mencicipi cita rasa resep asli takoyaki di asal negaranya sendiri. Pastikan untuk mencicipi jajanan yang satu ini, ya!

Dango

Jajanan khas Jepang bernama dango ini terbuat dari tepung beras berbentuk bulat. Tiap warna memiliki rasanya masing-masing. Misalnya, kacang merah, matcha, sampai dengan kacang wijen. Sedikit mirip dengan rasa onde-onde, namun tanpa isian. Dango dijual per tusuk dan disiram dengan saus gula atau kacang merah. Paling enak dimakan sampil menikmati ocha panas.

Okonomiyaki

image credit: japan-guide.com

Okonomiyaki memiliki rasa yang persis dengan takoyaki. Saus yang digunakan pun sama persis. Namun jika takoyaki berbentuk bulat, okonomiyaki berbentuk bundar pipih dengan campuran sayur kol dan daging didalamnya. Dengan porsi yang lebih besar, tentunya okonomiyaki lebih mengenyangkan juga.

Kare Pan

image credit: justonecookbook.com

Kare pan adalah roti yang dengan adonan yang sedikit manis kemudian diisi dengan kari Jepang yang gurih. Kare pan dimasak dengan cara dibalur tepung roti kemudian digoreng sampai keemasan. Jadi bisa dibayangkan lezatnya kombinasi lembut bagian dalam roti dibalut dengan tekstur renyah diluarnya.

Korokke

image credit: japandeluxetours.com

Korokke adalah jajanan yang terbuat dari campuran kentang tumbuk dan saus krim. Cara memasaknya pun mirip dengan Kare pan, yaitu dibalur tepung roti dan digoreng. Korokke sendiri memiliki sejarah historis dari Perancis. Jadi bisa dikatakan, rasanya mirip sekali dengan French croquettes namun dikombinasikan dengan cita rasa Jepang. Menarik!

Daigaku Imo

image credit: oishi-washoku-recipes.com

Mengonsumsi ubi manis adalah kultur yang sudah turun temurun di masyarakat Jepang. Daigaku imo biasanya dijual dengan cara digoreng (deep-fried) kemudian ditambahkan saus gula dan biji wijen sangrai. Selain daigaku imo, ada juga ubi rebus dan ubi bakar yang disajikan dengan taburan gula dan garam. Eits! Ubi Jepang terkenal dengan rasanya yang lebih manis, lho!

***

Itu dia 10 jajanan khas Jepang yang harus masuk to-do-list saat wisata kuliner nanti. Jangan lupa juga untuk selalu menyediakan uang tunai saat mengeksplorasi street food di kota-kota yang akan dikunjungi. Pelajari juga kosakata dasar bahasa Jepang sehingga penjual pun mengerti menu apa yang akan dibeli. Kira-kira menu yang mana dulu nih yang mau dicicipi? Selamat berwisata kuliner!

 

Leave a Reply