7 Tips Penting Mengejar Beasiswa ke Luar Negeri!

Siapa sih yang nggak pengen dapat beasiswa ke luar negeri? Ih mau banget! Yuk cari tahu informasinya! Ada beberapa tips yang perlu diketahui terlebih dahulu bagi para pendaftar beasiswa. Dari situ kamu bakal tahu tuh, apakah sebenarnya kamu sudah siap untuk mendaftar ataukah butuh waktu lagi untuk mempersiapkan dengan matang. Yuk Cek 7 tips ini!

Menyeimbangkan Prestasi Akademik dan Pengalaman Organisasi

Kalau kamu kepikiran buat daftar beasiswa suatu saat nanti, pastikan kamu mulai mencari bekal pengalaman di berbagai bidang organisasi yang sesuai dengan passion sembari mempertahankan nilai-nilai akademis di kampus. Sejujurnya, kedua bidang tersebut nggak bisa dipisahkan dari faktor penunjang beasiswa yang diberikan baik dari institusi maupun universitas di luar negeri. Hal tersebut dikarenakan pintar dibidang akademis saja tidak cukup untuk memenuhi kualifikasi beasiswa, begitu juga sebaliknya.

Volunteering

Salah satu pengalaman organisasi yang cukup baik untuk mencari beasiswa adalah dengan menjadi seorang relawan. Kegiatan volunteering memang tidak memberikan feedback secara materiil saja tetapi banyak pengalaman berharga yang bisa dipelajari dari menjadi seorang relawan. Pertama, belajar untuk bersosialisasi dengan lingkungan yang sama sekali berbeda dengan latar belakang relawan. Kedua, ini kesempatan baik untuk keluar zona nyaman!

tips lolos beasiswa luar negeri

image credit: pinterest.com

Check and Observe

Mencari jurusan bisa menjadi pekerjaan yang memusingkan. Dari universitasnya, jurusan, para pengajar, sampai dengan di mana lokasi universitas tersebut. Banyak banget yang harus dicek. Untuk itu, sering-sering deh cek website resmi jurusan mana saja yang jadi incaranmu. Semakin detail informasi yang kamu dapat, semakin mantap juga persiapan kamu ke depannya.

Persiapkan Sedini Mungkin

Banyak banget yang harus dipersiapkan untuk mendaftarkan diri ke satu program beasiswa. Jadi ada baiknya jika kamu bisa mencicil persiapan tersebut, misalnya proposal paper, surat rekomendasi, surat kesehatan dan lain-lain. Ini penting banget untuk menghindari kekurangan saat proses submission berlangsung.

Kemampuan Berbahasa Inggris

Ini dia yang nggak kalah penting sebelum mendaftar beasiswa. Yup! Kemampuan berbahasa inggris. Setiap program beasiswa memiliki standar tertentu mengenai berapa kualifikasi minimun untuk dapat mendaftar yang dinilai dari sertifikasi seperti TOEFL, IELTS, atau TOEIC. Nah, persiapkan diri untuk belajar dan melatih kemampuan berbahasa Inggris. Banyak kok tempat kursus bahasa inggris yang keren banget seperti English First atau Wall Street English yang bisa dicoba.

Baca juga: 7 Cara Cepat dan Mudah Belajar Bahasa Inggris

Time Management

Belajarlah buat mengatur waktu antara kapan harus belajar buat beasiswa, research untuk paper, persiapan dokumen, dan kuliah. Mendaftar beasiswa ditengah-tengah kesibukan dan aktivitas bakal membuat kita keteteran kalau nggak diatur dengan baik. So, buy a notebook and start making schedule!

tips lolos beasiswa luar negeri

image credit: Creative Market

Buatlah CV dan Motivation Letter yang Proper

Eits! Buat CV dan Motivation Letter nggak boleh sembarangan! Harus informatif, jelas, dan jujur. It represents yourself. Buatlah dokumen-dokumen tersebut dengan baik, yang menunjukkan ketertarikan dan kelayakanmu untuk memperoleh beasiswa tersebut. Banyak kok ide template dokumen yang bisa kamu tiru.

Paling penting, kembalikan lagi ke diri sendiri apa motivasi utamamu untuk mendaftar beasiswa. Dari situlah niat dan keyakinan akan muncul. Supaya impian berkuliah di luar negeri bisa tercapai, kita harus menyiapkannya dengan matang, salah satunya adalah dengan mengasah kemampuan berbahasa inggris. Supaya bahasa asingmu dapat lebih fasih, pastikan kamu belajar di lembaga yang tepat. Untuk tahu lokasi lembaga pendidikan bahasa sekaligus promosi terbaru yang sedang berlangsung, buka aja GoToMalls.com!

Leave a Reply