Sehat dan Relaks dengan 9 Jenis Yoga dan Manfaatnya

Yoga kini semakin diminati sebagai olahraga untuk menjaga kesehatan. Gerakannya yang ringan disertai dengan teknik pernapasan membuat olahraga ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh dan mental. Namun seiring dengan berjalannya waktu, yoga pun berkembang dan berubah mengikuti kebutuhan manusia di zaman modern. Masing-masing mempunyai ciri khas dan manfaat yang berbeda. Mau tahu ada apa saja? Berikut jenis-jenis yoga dan manfaatnya yang mungkin akan membuat Anda ingin mencobanya:

YOGA ASHTANGA

image credit: http://www.niharikayoga.com/

Yoga Ashtanga memiliki gerakan yang saling terhubung dengan teknik pernapasan. Ashtanga juga sangat disiplin dalam prakteknya dan mengajarkan gerakan dalam urutan yang rinci tanpa henti. Teknik pernapasan dalam jenis yoga ini diciptakan untuk memfokuskan pikiran untuk mengendalikan aliran napas ke seluruh tubuh. Manfaat lainnya adalah untuk meningkatkan kelenturan dan kekuatan tubuh.

YOGA BIKRAM/HOT YOGA

image credit: http://photos.demandstudios.com/

Yoga Bikram dan Hot Yoga memiliki satu kesamaan, yaitu dilakukan dalam ruangan bersuhu tinggi. Dengan adanya suhu tinggi pada ruangan tentu akan membuat Anda banyak berkeringat dan merasa tertantang untuk menyelesaikan setiap gerakannya. Manfaatnya adalah untuk detoksifikasi atau pembersihan tubuh dan kelenturan tubuh. Bikram mengajarkan 26 gerakan, sedangkan Hot Yoga memberikan banyak gerakan yang harus dilatih.

YOGA HATHA

image credit: https://www.thehouseofyoga.com/

Yoga Hatha mencakup hampir semua jenis yoga yang berfokus pada menyelaraskan latihan fisik dengan pernapasan. Yoga jenis ini cocok dilakukan untuk Anda yang pemula, karena temponya cenderung lambat dan tenang. Anda jadi bisa dengan mudah menghafal dan melakukan gerakan-gerakan dasar yang diajarkan pada yoga ini.

YOGA KUNDALINI

image credit: https://www.kundaliniyoga.org.uk/

Yoga Kundalini sangat bermanfaat untuk penyegaran pikiran dan kesadaran tubuh, karena adanya pendekatan filosofis dan spiritual. Aliran energi disalurkan dalam setiap gerakan selama meditasi, sedangkan teknik pernapasan dan nyanyian digabungkan untuk menjaga Anda tetap “membumi”.

YOGA KRIPALU

image credit: https://kripalu.org/

Yoga Kripalu yang lembut menyatu dengan alam dan berfokus pada pemberdayaan diri yang dibagi dalam 3 latihan. Rutin melakukan Kripalu akan membuat Anda semakin mengerti akan diri Anda sendiri. Bila semakin dalam melakukannya akan membantu Anda untuk menemukan diri Anda yang sebenarnya.

YOGA RESTORATIVE

image credit: Youtube

Yoga Restorative merupakan jenis yoga yang menenangkan. Dalam setiap kelas, Yoga Restorative terdiri dari 5 pose. Yoga ini bermanfaat untuk pemulihan cedera, penanggulangan stres, dan pencerahan psikologis.

YOGA VINYASA

image credit: http://www.modernmovement.com.au/

Yoga Vinyasa mirip dengan Ashtanga dan Hatha. Vinyasa memusatkan gerakan dalam bentuk salam pada matahari sambil menjaga teknik pernapasan dalam 12 macam gerakan. Manfaat dari yoga ini adalah untuk menguatkan inti tubuh dan menciptakan hubungan antara pernapasan dan gerakan. Anda pun akan merasakan banyak manfaat setelah melakukan Yoga Vinyasa.

YOGA PRENATAL

image credit: http://ohanaparents.com/

Yoga Prenatal merupakan jenis yoga yang dikhususkan untuk ibu hamil. Manfaat melakukan yoga prenatal adalah dapat menguatkan otot perut, melatih pernapasan, menjaga postur, dan meredakan rasa sakit selama hamil.

POWER YOGA

image credit: http://toledoyoga.com/

Power Yoga digolongkan sebagai jenis yoga atletik dan sering disebut Vinyasa Flow, karena aliran latihan yang sangat cepat. Yoga ini bermanfaat untuk melatih setiap otot pada tubuh dan meningkatkan metabolisme sehingga tubuh semakin cepat membakar kalori.

***

Sudah tahu jenis yoga mana yang sesuai untuk Anda? Jika sudah, maka Anda membutuhkan perlengkapan yoga. Anda bisa membelinya di Sports Station atau The Athlete’s Foot. Gotomalls.com dapat membantu Anda untuk mendapatkan harga yang lebih murah, karena banyak terdapat info tentang promo dan diskon.

Leave a Reply