Hantu Indonesia vs Hantu Luar Negeri, Mana yang Lebih Serem?

Dianing Shiamita

, Movie

Masing-masing negara memiliki kepercayaan yang berbeda-beda. Kepercayaan ini juga termasuk dengan adanya hantu atau setan. Di Indonesia kita mengenal banyak macam setan, bahkan di tiap daerah pun memiliki setan yang berbeda-beda. Di film-film horor kita sering mengenal adanya Kuntilanak, Tuyul, Genderuwo, Pocong, Suster Ngesot, Sundel Bolong, dan masih banyak lagi. Mendengar namanya saja hantu Indonesia memang sudah terdengar sereeemmm!!!

Lain di Indonesia, lain pula di luar negeri. Meski terbilang sebagai negara maju, tapi di luar negeri juga ada hantu, lho! Ini dibuktikan dengan adanya film horor produksi luar negeri yang juga banyak diminati masyarakat kita. Kalau kamu perhatikan dengan seksama, sadarkah kamu kalau ada perbedaan yang mencolok di antara hantu Indonesia vs hantu luar negeri? Simak nih perbedaannya:

  1. Selera Berpakaian

image credit: Pinterest

image credit: https://cdn.idntimes.com/

Meski hantu bukan berarti tidak punya selera berpakaian dong. Di sini perbedaannya justru yang paling mencolok. Hantu lokal identik dengan pakaian lusuh, kotor, dan bolong-bolong, tapi kalau hantu impor malah berpakaian dengan rapi, bersih, bahkan elegan dengan jas dan gaun. Kesannya jadi seperti terlihat jauh ya kelasnya?

2. Kegiatan Sehari-hari

image credit: Pinterest

Kalau kamu pernah nonton film Twilight pasti tahu dengan kisah vampir yang hidup berdampingan dengan manusia. Ya, di sana hantu-hantunya melakukan kegiatan normal seperti manusia biasa, mulai dari sekolah, kerja, belanja, jalan-jalan, bahkan pacaran hingga menikah dengan manusia. Coba bandingkan dengan hantu di sini yang cuma diam menunggu suatu tempat dan menakut-nakuti orang yang berusaha mendekatinya.

3. Paras dan Fisik

image credit: https://comicvine.gamespot.com/

image credit: www.inovasee.com

Kuntilanak, Tuyul, Genderuwo, Suster Ngesot, dan hantu Indonesia lainnya selalu digambarkan dengan paras dan fisik yang tidak menarik, bahkan buruk rupa. Muka yang cacat mengerikan, kaki tidak bisa berjalan, dan masih banyak ciri khas hantu lokal kita. Namun kalau hantu impor malah memiliki paras dan fisik yang rupawan. Vampir di film Twilight atau Dracula Untold contohnya, meski terlihat pucat tapi mereka selalu bersih dan menarik untuk dilihat.

4. Skill yang Aneh dan Unik

image credit: www.fanpop.com

image credit: www.hipwee.com

Judul-judul film horor Indonesia itu sangat unik, sebut saja Pocong Mandi Goyang Pinggul dan Kuntilanak Beranak. Judul ini tentu menggambarkan isi ceritanya, bukan? Bisa bayangkan gimana kalau hantu-hantu itu benar-benar seperti itu? Skill mereka memang luar bisa aneh dan unik, tapi kalau hantu luar malah cenderung memiliki skill menakjubkan. Misalnya saja vampir yang sangat kuat dan bisa berlari begitu cepat. Kita sebagai manusia jadi ingin memilikinya juga.

5. Cara Jadi Hantu

image credit: Youtube

Kalau di Indonesia, manusia bisa jadi hantu setelah ia meninggal. Biasanya yang jadi hantu adalah mereka yang meninggal secara tidak wajar, misalkan karena dibunuh, kecelakaan, atau disantet. Karena memiliki dendam kepada orang yang telah mencelakainya, maka mereka pun jadi hantu penasaran yang ingin membalaskan dendam.

Nah, kalau di luar negeri para hantunya tidak harus mati dulu untuk bisa jadi hantu. Mereka bisa saja jadi hantu karena digigit oleh hantu. Seperti di film yang menceritakan kisah vampir, di mana vampir menggigit korbannya yang kemudian akan menjadi vampir juga.

***

Jadi, di antara keduanya mana yang menurutmu lebih seram? Meski hantu Indonesia seram dan sering membuat orang ketakutan, nyatanya film horor selalu laris saat ditayangkan di bioskop. Penontonnya selalu banyak hingga berjubel. Namun jangan sampai takut yang berlebihan, ya, karena hantu itu cuma perwujudan dari jin saja. Kalau kamu tidak mau diganggu mereka, jangan mengganggu mereka juga. Selalu berdoa di setiap langkahmu supaya selalu dilindungi Tuhan.

Leave a Reply